Monday 9 January 2012

Al-Jinn -keluarbiasaan Al-Quran

"SESUNGGUHNYA KAMI TELAH MENDENGARKAN AL-QUR'AN YANG MENAKJUBKAN, (YANG) MEMBERI PETUNJUK KEPADA JALAN YANG BENAR, LALU KAMI BERIMAN KEPADANYA."




¤ Dalamg Hadist riwayat Bukhari dan At- Tirmidzi yang bersumber dari Ibnu Abbas, dijelaskan bahwa Rasulullah tidak pernah membacakan al-Qur'an kepada Jin, dan tidak pernah melihat mereka.

Suatu ketika Rarulullah bersama rombongan sahabatnya menuju pasar Ukkadh. Baru sampai di Tuhamah rombongan berhenti untuk shalat fajar. Hal ini menyebabkan berita-berita dari langit yang biasa dicuri syetan terhalang. Malah mereka mendapat lemparan bintang -bintang, sehingga terpaksa pulang kepada kaumnya, syetan itu ditanya, "Apa yang terjadi sehingga kalian kembali ?"

Mereka menjawab, "Kami terhalang untuk mendapatkan berita langit, bahkan kami dikejar bintang-bintang." Kaumnya berkata, Antara kita dan berita langit tidak mungkin terhalang, kecuali ada sebabnya. Menyebarlah kalian ke timur dan barat dan carilah sebab penghalangnya."

Merekapun menyebar, sehingga sampailah sebagian mereka ke Tuhamah, tempat Rasulullah berhenti untuk shalat shubuh. Mereka mendengar bacaan Rasul serta memperhatikannya. Mereka berkata,

"Demi Allah, inilah yang menghalangi kita dengan berita dari langit."

Merekapun pulang kepada kaumnya dan menyampaikan kejadian itu serta mengagumi al-Quran yang membawa mereka ke jalan petunjuk Allah sehingga mereka beriman. Maka turunlah ayat ini sebagai pemberitahuan kepada ummatnya tentang kejadian itu.¤

No comments:

Post a Comment