Saturday 31 December 2011

'Abasa -wajah berseri













Karunia yang diberikan oleh Allah Swt.kepada orang yang bangun malam dengan benar dan ikhlas adalah wajahnya cemerlang dan besinar.jika anda melihat wajah orang yang yang bangun malam,seakan-akan cahaya yang banyak bersinar darinya.

Al-Qurthubi di dalam tafsirnya,ketika mengomentari firman Allah Swt..,

” Banyak muka pada hari itu berseri-seri,tertawa ria,”
(‘Abasa:38-39).

Ibnu Abbas r.a berkata, “Maksudnya adalah wajah orang yang bangun malam.”

Ditanyakan kepada Hasan Al-Basri, “Mengapa orang-orang yang bertahajjud malam itu dikatakan sebagai orang yang paling baik wajahnya?” Dia menjawab, “karena mereka berkhalwat dengan Allah dalam kegelapan malam, sehingga Allah memakaikan sebagian cahaya dari cahaya-Nya.”

Abdul Aziz bin Umar yang mulia ketika melukiskan tentang cemerlangnya cahaya yang muncul dari wajah orang yang bertahajjud mengatakan,”Anda lihat cahaya keagungan di wajahmereka dan bekas pengabdian di antara kedua wajah mereka. Seseorang yangmengabdi kepada raja dunia terlihat pengaruhnya, lalu bagaimana tidak terlihat pengaruhnya bagi orang yang mengabdi kepda Allah?”

Asyhab bin Abdul Aziz berkata, “Pada suatu malam aku keluar setelah orang-orang pada tidur. Lantas aku melewati rumah Malik bi Anas. Ternyata dia sedang shalat. Ketika selesai shalat beliau membaca, “Alhamdulillaahi Rabbil ‘Alamin.” Kemudian mulai membaca, ” Alhaakumuttakaatsur…..,” hingga sampai firman-Nya, “Tsumma latusalunna yawmaidzin ‘anin-nai’im.” Lalu menangis lama, mengulang-ulangi bacaannya dan menangis. Aku merasa tidak enak untuk mengutarakan keinginanku padanya, yang karenanya aku keluar. Aku tetap berdiri sedangkan dia tetap mengulang-ulang bacaannya dan menangis hingga terbit fajar. Ketika fajar telah tampak dia rukuk, lalu aku kembali ke rumahku, berwudhu kemudian datang ke masjid. Tiba-tiba dia masih tetap di tempatnya dan orang-orang berada di sekelilingnya. Ketika masuk waktu shubuh aku melihat wajahnya bercahaya,” (Ibnu Kharath, Ash-Shalah wa At-Tajajud)

No comments:

Post a Comment