Saturday 31 December 2011

'Abasa -iblis dan ibnu ummi maktum

Iblis dan Ibnu Ummi Maktum






Abdullah bin Ummi Maktum A adalah salah seorang sahabat yang mulia. Dia menjadi salah satu sebab turunnya surah `Abasa. Suatu hari, Abdullah bin Ummi Maktum mengikuti pengajian Rasulullah SAW. Dalam kesempatan itu, Rasul menyampaikan akan kewajiban setiap Muslim yang mendengar azan untuk segera menunaikan shalat.

Karena kondisi fisiknya, yakni matanya yang buta, ia memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah SAW. “Wahai Rasulullah SAW, apakah saya juga diwajibkan kendati saya tidak bisa melihat?“ tanya Ibnu Ummi Maktum. Rasul menjawab, “Apakah kamu mendengar seruan azan?“ Ibnu Ummi Maktum menja wab, “Ya, saya mendengarnya.“ Rasul pun memerintahkannya agar ia tetap pergi ke masjid meskipun sambil merangkak.

Maka, dengan penuh keimanan, setiap azan berkumandang dan waktu shalat tiba, ia pun segera pergi ke masjid dan berjamaah dengan Rasulullah SAW. Suatu ketika di waktu Subuh, saat azan dikumandangkan, Ibnu Ummi Maktum pun bergegas ke masjid. Di tengah jalan, kakinya tersandung batu hingga akhirnya mengeluarkan darah. Namun, tekadnya sudah bulat untuk tetap berjamaah ke masjid.

Waktu Subuh berikutnya, ia bertemu dengan seorang pemuda. Pemuda tersebut bermaksud menolongnya dan menuntunnya ke masjid. Selama berhari-hari, sang pemuda ini selalu mengantarnya ke masjid. Ibnu Ummi Maktum pun kemudian ingin membalas kebaikannya. “Wahai saudaraku, siapakah gerangan namamu. Izinkan aku mengetahuimu agar aku bisa mendoakanmu kepada Allah,“ ujarnya. “Apa untungnya bagi Anda menge tahui namaku dan aku tak mau engkau doakan,“ jawab sang pemuda. “Jika demikian, cukuplah sampai di sini saja engkau membantuku. Aku tak mau engkau menolongku lagi sebab engkau tak mau didoakan,“ tutur Ibnu Ummi Maktum kepada pemuda itu.

Maka, sang pemuda ini pun akhirnya mengenalkan diri. “Wahai Ibnu Ummi Maktum, ketahuilah sesungguhnya aku adalah iblis,“ ujarnya. “Lalu mengapa engkau menolongku dan selalu mengantarkanku ke masjid. Bukankah engkau semestinya mencegahku untuk ke masjid?“ tanya Ibnu Ummi Maktum lagi. Sang pemuda yang bernama iblis itu kemudian membuka rahasia atas pertolongannya selama ini.

“Wahai Ibnu Ummi Maktum, masih ingatkah engkau beberapa hari yang lalu tatkala engkau hendak ke masjid dan engkau terjatuh? Aku tidak ingin hal itu terulang lagi. Sebab, karena engkau terjatuh, Allah telah mengampuni dosamu yang separuh. Aku takut kalau engkau jatuh lagi Al lah akan menghapuskan dosamu yang separuhnya lagi sehingga ter hapuslah dosamu seluruhnya.Maka, sia-sialah kami menggodamu sela ma ini,“ jawab iblis tersebut. “ Kisah di atas menggambarkan kepada kita bahwa sesungguhnya iblis tak akan pernah berhenti untuk s menggoda dan menyesatkan manu sia. Dalam hal yang baik pun, iblis selalu berusaha untuk membe lokkan orang yang beriman ke arah yang dimurkai Allah. Ketahuilah, se sungguhnya iblis itu adalah musuh yang nyata bagi kita. (QS Fatir [35]: 6). Semoga Allah senantiasa mem. bimbing dan meridai setiap ibadah kita.


Amin.

Wallahu a’lam

No comments:

Post a Comment