Sunday, 6 November 2011

Al-Zalzalah -fenomena





Gempa 7,3 SR yang melanda daerah Tasikmalaya Jawa Barat adalah fenomena alam yang sebenarnya kecil dibandingkan dengan kekuatan goncangan hari kiamat yang digambarkan dalam al-Quran seperti yang ada pada surat al-Zalzalah diatas


Peristiwa gempa bumi seharusnya dapat mengingatkan kita bahwa manusia itu sangat lemah, tiada berbanding dengan kekuasaan Alloh. Siapa yang bisa mencegah terjadinya gempa bumi? Negara termajupun belum bisa mencegah terjadinya bencana gempa bumi. Manusia hanya bisa berusaha mengurangi resiko jika bencana terjadi.

Guncangan kecil sebagian permukaan bumi saja manusia sudah panik apalagi guncangan besar pada hari kiamat? Ketika itu gunung dihambur-hamburkan, isi bumi dikeluarkan, air laut diluapkan, manusia bagai anai-anai yang berterbangan. Pada hari itu manusia akan mengetahui akibat dari perbuatannya dan melihat kenyataan peringatan Tuhan.


Peristiwa tersebut seharusnya juga mengingatkan kita agar ingat kepada Alloh. Bagaimana seandainya hal tersebut terjadi pada kita, sudahkah kita siap menerimanya. Sudahkah kalau kita dicabut nyawanya karena bencana, kita telah siap membawa amal sholeh kita. Bagaimanakah pertanggungjawaban kita akan dosa yang kita lakukan?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment