Sunday 2 June 2013

Analisa Waktumu : Kunci dari produktif






“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran” (Al – Ashr : 1-3)

Kita semua pernah mendengar tentang mengatur/management waktu dan urgensinya namun jarang kita menemukan sebuah buku atau catatan ringkas bagaimana mengatur waktu. Untuk mengerti bagaimana mengatur waktu, kita harus mengerti apa itu managemet? Berbeda dengan yang masyarakat pikirkan, management waktu adalah bukan masalah mengatur waktumu. Karena, secara teknis kita tidak dapat mengatur sesuatu yang kita tidak memiliki kontrol atasnya. Kita tidak dapat menghentikan, memperlambat atau memperlambat waktu. Sederhananya, management waktu adalah tentang mengatur diri kita agar bisa menggunakan waktu. Sehingga, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukannya?
Peter Drucker, mengatakan ada tiga cara dalam memanagement waktu :
1. Analisa waktumu
2. Buang kebutuhan yang tidak produktif
3. Selesaikan sebuah tugas dalam satu waktu
Lalu, ayo kita bahas satu persatu

1. Analisa waktumu
Rekam dan catat untuk apa saja kamu menghabiskan waktumu setidaknya dalam 1 pekan. Betapa kagetnya jika kita tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk hal – hal sia – sia. Ingat, dalam menganalisa, harus dilakukan dengan jujur. Ada dua cara bagaimana merekam waktumu. Pertama, dengan diary yang mencatat apa yang kamu lakukan setiap jam. Kedua, bertanya pada teman atau istri untuk menganalisa waktumu, karena kita cenderung memanipulasi dan membohongi diri kita sendiri ketika kita menganalisa waktu kita.

2. Buang hal – hal yang tidak produktif
Harapannya, setelah menganalisa waktu kita. Kita bisa membuang banyak waktu yang tidak produktif. Misalnya, haruskah kita menghabiskan sejam untuk ngopi di kafe pagi hari. Bisakah diganti dengan membuat kopi sendiri di rumah sambil membuka email yang masuk? Atau perlukah menghabiskan waktu 2 jam untuk menonton televisi dan melihat sosial media atau bisakah kita membuangnya? (INGAT!!! Jangat menghapus waktu untuk Allah. Misalkan untuk menghemat waktu maka tidak sholat berjamaah di Masjid. Ini bukan sesuatu yang tidak produktif. Justru ini adalah sesuatu yang sangat penting yang perlu di jaga. Jadi jangan mengganggu hal – hal yang berkaitan dengan ibadah. Kita benar – benar salah jika tidak memberikan waktu yang cukup untuk ibadah)

3. Tuntaskan tugas atau perkerjaan dalam satu waktu
Bukankah menjengkelkan saat kita sedang berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan yang berat, dan tiba – tiba kita direpotkan lagi oleh telepon atau lainnya. Tips ketiga ini pada dasarnya tentang bahwa kita harus mengalokasikan waktu yang cukup besar. Beberapa orang menyarankan sebanyak 90 menit karena ini waktu maksimal agar kita tetap berkonsentrasi. Namun, perlu di ingat bahwa 90 menit ini adalah 90 menit tanpa gangguan. Ini adalah salah satu teknik bagaimana kita bisa menyelesaikan lebih banyak dengan mengerjakan sedikit hal. Ini karena kita lebih fokus pada satu tugas pada satu waktu. Mengerjakan satu pekerjaan dalam 1 jam akan sama dengan mengerjakan selama 4 jam jika kita diganggu setiap 10 sampai 15 menit. Semoga sedikit tips ini lebih bermanfaat...


sumber dari: indonesian-youth-productive.blogspot.com

No comments:

Post a Comment