Saturday 17 November 2012

peringatan dari langit dan bumi



backgrounds, wallpaper, moon, backrounds, windows, space



Langit adalah misteri yang belum banyak diketahuimanusia. Jumlah bintang di langit, kondisi planet-planet bumi, bulan danmatahari, udara dengan berbagai macam komposisinya, semua misteri inibelum banyak diketahui manusia. Padahal langit dan segala isinya adalahmakhluk Allah. Dan Allah menyebutkan langit itu ada tujuh lapis. Belum lagimakhluk Allah yang tidak terlihat oleh indra manusia yang bertebaran di langitberupa para malaikat yang senantiasa taat mengikuti perintah Allah.

Al-Qur’an memerintahkan kita untuk melihat langit dengansegala isinya. “Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atasmereka, bagaimana kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidakmempunyai retak-retak sedikit pun? “Dan Rasulullah saw. mencontohkan, bahwabeliau banyak memandang dan memperhatikan langit. Langit dengansegala isinya dapat memberi peringatan bagi manusia yang berakal. Hujan yangturun, gerhana bulan, gerhana matahari, meteor yang jatuh dll.

Bumi banyak sekali memberikan peringatan bagi manusia.Luas lautan yang melebihi luas daratan, gunung yang berfungsi sebagai pasak,berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan, berjuta-juta makhluk yang ada di laut,air yang menjadi sumber kehidupan dan berbagai macam panorama alam yang indahharus mengantarkan manusia untuk beriman dan taat pada Allah.

“Maka Terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam.Kamukah yang menumbuhkannya atau kamikah yang menumbuhkannya? Kalau kamikehendaki, benar-benar kami jadikan dia hancur dan kering, Maka jadilah kamuheran dan tercengang (sambil berkata):

“Sesungguhnya kami benar-benar menderitakerugian”, Bahkan kami menjadi orang-orang yang tidak mendapat hasil apa-apa.Maka Terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yangmenurunkannya atau kamikah yang menurunkannya? Kalau kami kehendaki, niscayakami jadikan dia asin, Maka mengapakah kamu tidak bersyukur? Maka Terangkanlahkepadaku tentang api yang kamu nyalakan (dengan menggosok-gosokkan kayu).Kamukah yang menjadikan kayu itu atau kamikah yang menjadikannya? Kamijadikan api itu untuk peringatan dan bahan yang berguna bagi musafir di padangpasir. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha besar“ (QS Al-Waqiah 63-74).



sumber dari: bpksms.wordpress.com

No comments:

Post a Comment