Tuesday 10 June 2014

Terapkan QS Al-Mutaffifin pada Metrologi





terapkan qs mutaffifin Kuliah Umum Prodi Fisika : Terapkan QS Al Mutaffifin pada Metrologi


“Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)!. (Yaitu) orang- orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan. Dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain) mereka mengurangi.” (QS Al-Mutaffifin ayat 1-3)

Program Studi Fisika FMIPA UAD dalam Kuliah Umum Prodi Fisika tentang Metrologi pada Rabu kemarin (25/09) datangkan pembicara dari Badan Metrologi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kuliah Umum tersebut diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen Fisika bertempat di Laboratorium Fisika Dasar Kampus 3 UAD.

Metrologi berbeda dengan Meteorologi. Meteorologi adalah ilmu interdisipliner yang mempelajari atmosfer. Sedangkan Metrologi adalah ilmu pengetahun mengenai pengukuran yang menyangkut semua aspek baik teori maupun terapannya. “Dalam penerapannya tak jarang didapati adanya kecurangan. Seperti dalam dunia perdagangan, adanya pengurangan takaran pada penimbangan barang merupakan sebuah kecurangan terhadap konsumen” papar Ida Suryanti Lestari, S.H, M.H., pembicara pada Kuliah Umum Prodi Fisika yang sudah 22 tahun bekerja di Badan Metrologi DIY.

Metrologi mempunyai dampak yang besar terhadap kehidupan manusia, seperti dalam kehidupan pribadi dan kehidupan bermasyarakat, dalam bidang ilmu pengetahuan dan dalam bidang teknologi. “Melihat dampaknya yang begitu besar terhadap kehidupan manusia, dalam pedoman hidup orang Islam, Alqur’an Surat Al-Mutaffifin ayat 1 s.d 3 sebenarnya sudah menjelaskan tentang bagaimana harusnya kita beretika dalam kegiatan takar-menakar. Tak hanya Al-Mutaffifin dalam QS Al-An’am ayat 152, QS Ar-Rahman ayat 8-9 dan masih banyak ayat-ayat yang lain yang menjelaskan tentang metrologi. Hal ini harusnya bisa menjadi pedoman kita dalam penerapan metrologi” sambungnya.



sumber dari: fmipa.uad.ac.id/

No comments:

Post a Comment