Tuesday 14 January 2014

Sejarah Berdirinya Musholla Jabal Rahmah






Berangkat dan bermula dari niatan suci dan dengan hati nurani yang dalam untuk syiar agama islam serta meningkatkan ibadah dengan  rasa taqwa kita kepada Allah SWT. maka masyarakat Jalan Sultan Agung Barat Sungonlegwo Bungah Gresik sepakat untuk mendirikan Mushola. Dengan  mengajukan permohonan kepada Bapak ANSHOR, S.H. selaku  pejabat pemerintahan Kepala Desa Sungonlegowo untuk kepemilikan sebidang tanah milik pemerintah yang akan didirikan Mushola.    

Dengan ucapan syukur Alhamdulillah, pada hari Jum’at Pon, tanggal 21 April 2006, Bapak Kepala Desa Sungonlegowo, ANSHOR, S.H. telah mengabulkan dan menyetujuhi permohonan memakai tanah pemerintah sebagai hak pakai  untuk didirikan Mushola dengan ukuran Persil 12 d.V. seluas kurang lebih 750 m2.

Dasar pemikiran dan perenungan dalam memberikan nama Mushola adalah melihat letak geografis, dikelilingi dan di bawah kaki bukit yang membentang alam keindahan, orang-orang  terdahulu menyebutnya, dengan sebutan “ Gunung Munggul “ bisa dikonotasikan “ Unggul atau Utama “.
            
Konon menurut cerita, bahwa di bawah kaki bukit Gunung munggul ada batu yang bisa bersuara atau mengeluarkan bunyi Gong, orang-orang menyebutnya ” Watu Gong ” yang sesekali ditengah malam mengeluarkan bunyi Gong, sebagai tanda waktu tengah malam untuk melakukan sholat tahajud,  konon ceritanya. Konon cerita lain, ada gubangan batu yang membentuk telapak kaki manusia dengan ukuran kurang lebih satu meter, jika musim hujan digenangi air yang jernih dengan lama tidak kering, diperkirakan sebagai tempat mengambil air wudlu untuk sesuci, Itulah konon sebuah cerita  para sesepuh kampung.
            
Di bawah kaki bukit Gunung Munggul sebalah timur kurang lebih 200 meter, ada  makam seorang penggede Desa Sungonlegowo yang ditandai dengan batu nisan  berkain putih, ukuran makam memanjang , orang-orang menyebutnya ” Mbah Buyut Munggul ”
            
Semua itu adalah gambaran sebagai bahan perenungan dan pemikiran, akhirnya kami diingatkan dan diilhami oleh dua  ayat Al Qur’an, yaitu surat Al Ghaasyiah ayat 19, dan surat Al Anbiyaa ayat 107 :

و الى الجبا ل كيف نصبت
Yang artinya dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan (QS. Al Ghaasyiah :19)
Untuk menyesuaikan kondisi alam, mengenang dan mengabadikan keangungan ciptaan Allah SWT., sehingga kami mengambil kata  الجبا ل/ Jabal  yang artinya Gunung. Jabal atau Gunung adalah sebagai lambang bukti keagungan, dan kebesaran akan kekuasan Allah SWT.
Ayat yang kedua dalam surat Al Anbiyaa ayat 107 :
و ما ار سلنك الا رحمة للعلمين
Artinya : Dan tiadalah kami mengutus kami, melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. (QS. Al Anbiyaa :107)
           
            Melalui ayat tersebut di atas kami mengambil ayatالر حمه  / Al Rahmah yang berarti kasih sayang, karunia Allah, atau  berkat Allah.
            
Disamping itu kita mengingat dan mengenang  sebuah kisah yang paling bersejarah, yaitu ketika Nabi Adam dan Ibu Hawa’ diturunkan ke bumi dan bertemu di sebuah bukit yang bernama Jabal Rahmah, dan pada saat  musim Haji tempat yang bersejarah ini dikunjungi oleh umat islam seluruh duni.
            Pada malam Jum’at legi tanggal 24 Nopember 2005, kami bertamu ke rumah Bapak K.H. Qosim Matan untuk menunjukkan konsep nama Mushola Jabal Rahmah, akhirnya K.H. Qosim Matan merestui dan menyetujui pemberian nama tersebut.
Dengan ucapan  syukur Al hamdulillah kehadirat Allah SWT. Nama  Mushola Jabal Rahmah, secara resmi terbentuk.

Pada hari Jum’at pon tanggal 21 April 2006 secara resmi peletakan batu pertama pembangunan Mushola Jabal Rahmah dilaksanakan,  yang dihadiri oleh tokoh Bapak K.H. Qosim Matan, K.H. Saunan Faruq, K.H. Mahfud Amin, Ust. Ahmad Hayan,  Anshor, S.H. selaku Kepala Desa Sungonlegowo beserta perangkat, dan seluruh warga masyarakat Jalan Sultan Agung Barat Sungonlegowo.

Pada hari Senin tanggal 10 September 2007, pukul 19.30 , awal pembukaan acara  di Mushola Jabal rahmah  dengan mengadakan selamatan menyambut awal bulan Puasa/ Ramadlon, orang-orang biasa menyebutnya dengan “ selamatan Ruwahan “  dan sebagai tanda ditempati ibadah dengan mengadakan rangkaian acara Hadrah yang dihadiri oleh jam’iyah Hadrah Ishari dan Irsyadiyah.

Pada hari Rabu tanggal 12 September 2007 M. / 29 Sya’ban 1428 H. dengan izin Allah SWT. secara resmi sebagai hari Jadi Mushola Jabal Rahmah untuk  ditempat sholat jama’ah Maghrib dengan imam K.H. Qosim Matan.  


Dengan didirikannya Mushola Jabal Rahmah, semoga senantiasa akam membawa rahmat dan petunjuk bagi seluruh warga Jalan Sultan Agung Barat khususnya, dan umumnya bagi seluruh umat. Disamping itu kita berharap dan berdo’a agar kehidupan kita senantiasa mendapat kasih sayang dan karuniah Allah SWT. Amin ya robbal aalamin.



sumber dari: alfas66.blogspot.com

No comments:

Post a Comment