Friday 26 July 2013

Semut versus Gajah





semut1


Ada orang yang baru ‘insyaf’ ikutan shalat berjamaah di masjid bersama temannya. Kebetulan imamnya orang yang hafal Qur’an dan sangat senang melantunkannya dalam shalat. Dan biasanya ia akan membaca surat-surat yang cukup panjang. Bagi jamaahnya yang sudah terbiasa, hal itu bukan masalah. Nah, kali ini sang imam membaca surat An Naml. Surat ini panjangnya sampai  93 ayat. Mmm..

Orang yang masih baru belajar islam tadi ikutan shalat berjamaah. Ketika selesei shalat, ia menggerutu dan bilang pada temennya, “Tadi si imam lama banget baca suratnya. Surat apa sih?”
“Surat An Naml artinya semut”
“Gila, panjang bangeet!”
Giliran mereka pun pulang.

“Jangan lupa, besok shalat berjamaah lagi ya. Nanti aku bilangin ke imamnya, janji deh suratnya gak panjang-panjang lagi.


gajah

"Emang mau baca surat apa?”
“Al Fiil artinya gajah”
“Gak, ah. Kamu pasti bohong. Surat ‘semut’ yang kecil aja sampe begitu lamanya, apalagi surat ‘gajah’ yang gedenya minta ampun. Pasti bakalan lebih lamaaa. Aku kapok ah..”
“Walaaahh…”

Padahal surat Al Fiil cuma beberapa ayat saja (lebih tepatnya cuma 5 ayat). Hehehe. Makanya kudu sering baca Qur’an biar tau jumlah ayatnya. Buat imam, kalo baca surat jangan panjang-panjang. Kasian kan ma’mumnya. Rasulullah aja kalo menjadi imam, membaca surat-surat yang ringkas. Beliau mengerti kondisi ma’mum yang beragam. Nah, baru kalo shalat sendirian (munfarid), beliau akan membaca surat-surat yang panjang, bahkan sampai kakinya sakit karena terlalu lama berdiri. Masya Allah…


sumber dari: pondokhati.wordpress.com

No comments:

Post a Comment