Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
1) pendidikan multikultural,
2) kandungan surat al-Hujurat ayat 13,
3) pendidikan multikultural
perspektif surat al-Hujurat ayat 13.
Penelitian ini menggunakan metode
riset kepustakaan (library research) dengan teknik analisis tahlily
maudhui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pendidikan multikultural
mengedepankan kesejajaran di antara semua pelaksana pendidikan. Tanpa
mengunggulkan satu etnik dengan etnik yang lain. Yang melebih utamakan
pada sifat dasar manusia dalam tujuan pendidikan yaitu memanusiakan
manusia. Pendidikan multikultural dinilai mengakomodir kesetaraan dalam
perbedaan, merupakan sebuah konsep yang mampu meredam konflik vertikal
dan horizontal dalam masyarakat yang heterogen di mana tuntutan akan
pengakuan atas eksistensi dan keunikan budaya kelompok etnis sangat
lumrah terjadi.
Masyarakat dicitakan mampu memberikan ruang yang luas
bagi berbagai identitas kelompok untuk melaksanakan kehidupan secara
otonom. Hal yang paling utama dari makna dan pemahaman pendidikan
multikultural ialah kesejajaran budaya. Masing-masing budaya dari
manusia atau kelompok etnis tertentu harus diposisikan sejajar dan
setara. Tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih dominan.
Surat al-Hujurat ayat 13 menegaskan bahwa seluruh manusia berhak
menerima Al-Qur'an. Ayat ini menjelaskan bahwa penciptaan manusia dari
laki-laki dan perempuan yang satu. Meyakinkan persamaan dalam perbedaan
dari berbagai macam suku, bangsa yang intinya agar saling kenal mengenal
pada hakikatnya yang dinilai Allah hanyalah ketakwaannya karena hanya
di sisi Allah-lah orang yang paling mulia menurut Allah. Pendidikan
multikultural perspektif surat Al-Hujurat ayat 13 lebih mengutamakan
hubungan sosial kemasyarakatan sesama antar manusia.
Ini sebagai respon
atas kesamaan derajat kemanusiaan manusia yang pada hakikatnya manusia
yang paling mulia di antara manusia di sisi Allah ialah orang yang
paling bertakwa menurut Allah. Tidak ada yang tahu di kalangan manusia
tentang ketakwaan seseorang kecuali Allah yang Maha Mengetahui lagi
Maha Mengenal. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi
bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para pengajar, para peneliti
dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN
Walisongo Semarang.
sumber dari: library.walisongo.ac.id
No comments:
Post a Comment